Minggu, 31 Agustus 2014

Malas Bangun Pagi?

Bangun pagi itu bisa menjadi sebuah persoalan terberat dalam hidupmu. Kamu harus melawan rasa kantuk yang begitu hebat supaya bisa segera terjaga. Kadang kamu berpikir, “Rasa-rasanya baru saja memejamkan mata dan memulai untuk bermimpi, tapi kok matahari sudah terbit aja sih?” Alhasil kasur pun terasa posesif dan matamu seakan lengket.
Perjuangan untuk bangun pagi itu memang nggak mudah. Belum lagi saat kamu sudah terbangun, kamu masih harus melawan rasa malas karena harus memulai rutinitas lagi. Nah, agar kamu bisa bangun pagi lebih cepat dan bisa langsung merasa segar, coba deh lakukan hal-hal ini!

1. Jangan langsung tidur setelah makan berat

Habis makan langsung tidur bikin tidurmu kurang nyenyak
Habis makan langsung tidur bikin tidurmu kurang nyenyak via dicasetruquesonline.com.br
Langsung tidur setelah makan akan menimbulkan banyak efek negatif untuk tubuh kita. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu sistem pencernaan bekerja ekstra saat kamu sedang terlelap, sehingga tidurmu tidak bisa nyenyak atau bahkan bikin kamu insomnia.
Tapi tidur dalam keadaan lapar juga dapat membuat tubuhmu lemas saat bangun pagi. Jadi cara terbaik untuk menyiasatinya adalah, jangan makan terlalu berat saat kamu hendak tidur. Dan hindari minum minuman berkafein dan beralkohol.

2. Minum Air Putih Sebelum dan Sesudah Tidur

Minum air putih sebelum dan sesudah tidur
Minum air putih sebelum dan sesudah tidur via media2.onsugar.com
Minum air putih sebelum tidur bisa membuatmu bangun lebih cepat karena kamu harus segera ke kamar mandi untuk buang air kecil. Dengan begini mau nggak mau kamu harus segera bangkit dari tempat tidur ‘kan?
Sedang manfaat meminum air putih setelah bangun tidur adalah untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dan demi mengaktifkan kembali organ-organ dalam tubuh. Minum air putih setelah bangun itu ibarat kick-start bagi metabolismemu, kamu bisa lebih cepat sadar dan tidak lagi merasa ngantuk.

3. Buka jendelamu agar udara dan sinar matahari pagi dapat masuk ke dalam kamar

Buka jendela supaya udara dan matahari masuk ke dalam kamar
Buka jendela supaya udara dan matahari masuk ke dalam kamar via www.creatingalifeyoulove.net
Biasanya kita akan lebih sulit tertidur ketika kamar dalam keadaan terang. Oleh sebab itu bukalah jendela kamarmu agar cahaya matahari di pagi hari bisa masuk ke dalam kamar, sehingga kamu bisa tergerak untuk bangun lebih awal.
Selain itu, membiarkan jendela kamar terbuka saat tidur berfungsi agar sirkulasi udara di dalam kamar tetap berjalan lancar. Dan juga karena pagi hari udaranya dingin, kamu jadi lebih cepat bangun.

4. Letakkan alarm-mu di tempat yang jauh dari tempat tidur

Letakkan alarm jauh dari tempat tidur
Letakkan alarm jauh dari tempat tidur via www.hepimizaileyiz.com
Pasang alarm dan meletakkannya di samping tempat tidurmu itu bisa dikategorikan sebagai usaha paling sia-sia dalam hidup. Karena saat alarm bangun tidur berbunyi, kamu bisa dengan mudah mengambilnya, mematikannya (atau snooze sampai bego) –tidur lagi deh!
Nah, agar alarmmu bisa berfungsi sebagaimana mestinya, letakkan alarm jauh dari tempat tidurmu sehingga mau nggak mau kamu harus bangun dan mencarinya saat alarmnya berdering. Sekali kamu beranjak dari tempat tidur, biasanya kamu sudah nggak berniat lagi untuk melanjutkan tidur.

5. Gunakan lagu favoritmu sebagai bunyi alarm

Ganti bell alarm dengan musik favoritmu
Ganti bell alarm dengan lagu favoritmu via photographyheat.com
Bunyi dari jam weker itu kadang menganggu banget dan bisa bikin kamu bangun dalam keadaan yang nggak mood. Dan ini bisa bikin suasana hatimu jadi rusak sepanjang hari.
Lebih baik gunakan fitur alarm dalam ponselmu dan aturlah suaranya menggunakan lagu favoritmu.Lagu-lagu dengan nada yang sedikit ceria bisa membuatmu bangun tidur dalam keadaan senang.

6. Setelah benar-benar sadar, segera basuh mukamu dengan air

Basuh wajahmu dengan air setelah bangun tidur
Basuh wajahmu dengan air setelah bangun tidur via www.pauseandplay.co.uk
Saat kamu sudah benar-benar terbangun dari tidur, segeralah beranjak dari tempat tidur lalu basuhlah mukamu dengan air. Bersihkan area wajahmu terutama pada area sekitar mata.
Membasuh wajah dengan air akan merangsang saraf pada sekitar wajahmu sehingga membuatmu jadi lebih segar dan tidak merasa ngantuk lagi.

7. Minum minuman berkafein setelah bangun tidur

Minum kopi atau teh setelah bangun tidur
Minum kopi atau teh setelah bangun tidur via grist.org
Biasanya kamu merasa kurang bersemangat dan mungkin sedikit pusing saat baru bangun tidur. Rasa nggak semangat dan kepala pusing bisa membuatmu produktivitasmu menurun. Kamu bisa menyiasati ini degan cara meminum minuman berkafein beberapa saat setelah bangun tidur.
Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh  berfungsi untuk menambah energimu dan juga menghilangkan rasa kantuk di pagi hari.

8. Olahraga

Olahraga bikin kamu langsung segar
Olahraga bikin kamu langsung segar via goodrelaxation.com
Untuk hal yang satu ini memang harus punya niatan dan usaha yang ekstra. Tapi olahraga adalah cara paling tepat agar setelah bangun tidur kamu bisa cepat kembali fresh lagi.
Kamu nggak perlu olahraga terlalu berat. Cukup lakukan gerakan-gerakan senam yang simpel di rumah, atau kamu bisa berjalan kaki atau jogging sebentar keliling komplek rumahmu. Berolahraga bisa membuat tubuhmu lebih cepat aktif kembali dan siap untuk memulai kegiatan.

9. Makan setelah bangun tidur

Sarapan yang mengandung protein tinggi
Sarapan yang mengandung protein tinggi via wp.iovine.com
Kadang kamu merasa sedikit lapar saat bangun tidur, hal ini karena hampir 8 jam lamanya kamu tidak mengkonsumsi apapun.
Beberapa saat setelah bangun pagi, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein, sebeperti telur, susu dan buah-buahan. Makanan yang mengandung protein sangat membantu menambah energi untuk tubuhmu, sehingga kamu lebih cepat merasa segar.

10. Lakukan hal yang menyenangkan di pagi hari

Bermain-man dengan hewan peliharaan bikin semangat bangun pagi
Bermain-man dengan hewan peliharaan bikin semangat bangun pagi via www.pauseandplay.co.uk
Lakukan apapun yang bisa membuatmu senang di pagi hari. Misalkan membaca berita, memasak, merawat tanaman atau hewan peliharaanmu, atau mungkin ngobrol dengan keluarga atau teman kost.
Menstimulasi pikiranmu dengan sesuatu hal yang menyenangkan akan membuatmu menjadi lebih cepat segar kembali. Dan jika kamu menjadwalkan kegiatan ini setiap hari, kamu akan lebih termovitasi untuk lebih mudah dan bersemangat bangun pagi.

11. Buatlah janji dengan seseorang di pagi hari

Janji sarapan bareng teman
Janji sarapan bareng teman via pandaqoo.egloos.com
Membuat janji dengan seseorang di pagi hari adalah salah satu alternatif ampuh agar kamu bisa bangun lebih cepat tanpa harus bermalas-malasan terlebih dulu. Jika kamu sudah membuat janji dengan seseorang, pikiranmu akan selalu mengingat hal tersebut sehingga secara otomatis kamu memaksa dirimu bangkit demi memenuhinya.
Buatlah janji bersama teman, pacar atau keluargamu untuk sarapan dan atau berolahraga bersama-sama. Ini akan membuatmu bersemangat untuk bangun pagi!

12.  Tidur dan bangun tidur di waktu yang sama

Tidur dan bangun pada jam yang sama
Biasakan melakukan rutinitas tidur di waktu yang sama. Usahakan agar setiap hari kamu bisa tidur dan bangun tidur pada jam yang serupa.
Ini bertujuan agar tubuhmu terbiasa dengan kegiatan rutin ini. Jika pola tidurmu berantakan, ini akan mengganggu jam tubuhmu, sehingga di pagi hari kamu bisa semakin sulit untuk bangun pagi dan merasa segar kembali.

13. Tersenyum dan bersyukurlah karena kamu masih bisa membuka mata di pagi hari

Jangan lupa tersenyum dan bersyukur..
Jangan lupa tersenyum dan bersyukur.. via www.wallpaperfly.com
Satu hal penting yang bisa membuatmu bangun pagi dan cepat merasa segar adalah dengan tersenyum dan bersyukur kamu masih bisa melihat dunia ini kembali. Yup, simpel tapi sangat bermakna.
Tanpa sadar seringkali kita mengeluh dan menggerutu karena harus bangun pagi, padahal itu adalah sebuah anugerah karena kamu masih diberikan kesempatan untuk hidup. Mengingatkan diri sendiri untuk bersyukur di pagi hari akan membuatmu bersemangat dan lebih termotivasi lagi.

Kalau sampai sekarang kamu masih punya masalah dengan bangun pagi, kamu bisa coba praktikin cara-cara di atas. Bangun tidur adalah salah satu kunci penentu produktivitasmu. Jangan sampai harimu kacau dan berantakan cuma gara-gara bangun tidur yang nggak benar. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

reblog; hipwee.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar