Rabu, 16 Januari 2013

5 Perpustakaan super keren di dunia

1. Central Library, Seattle, Washington, AS
Karena bangunannya yang unik dan modern, Perpustakaan Pusat di Seattle tidak hanya untuk pecinta buku, namun juga menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Perpustakaan ini didesain dengan balutan kaca dan bangunan yang tumpang tindih. Perpustakaan ini juga membuka tur keliling bangunan. Menengok bagian-bagian di dalam gedung dan juga mengintip koleksi buku yang mereka miliki. Di dekat perpustakaan ini juga terdapat cafe bagi kita yang ingin menikmati minum kopi.
2. Perpustakaan Geisel, San Diego, AS
Dari jauh, bangunan Perpustakaan Geisel yang ada di dalam komplek Universitas California terlihat seperti pesawat luar angkasa. Bangunan yang bertembok kaca ini terkenal keren bukan hanya di bentuk bangunan, namun juga konsep yang ada di dalam perpustakaan. Para wisatawan yang datang bisa menikmati makan malam di dalam perpustakaan. Tapi makan malam hanya bisa kita nikmati hanya pada saat acara peluncuran buku dan acara lain yang berhubungan dengan perpustakaan ini.


3. Trinity College Library, Dublin, Irlandia
Perpustakaan yang terletak di Universitas Trinity, Dublin ini adalah perpustakaan tertua di Irlandia, dibangun pada tahun 1592 atas perintah Ratu Elizabeth I. Perpustakaan ini memiliki lorong buku terbesar di dunia. Lorong ini dikenal sebagai Long Room dan mampu menampung 200.000 buku di dalamnya. Wow!


4. Perpustakaan Universitas Delft, Belanda
Perpustakaan Universitas Teknologi Delft memiliki bangunan yang tidak biasa, mirip seperti Perpustakaan Pusat di UI yang mirip bukit Teletubbies. Hampir seluruh atapnya ditutupi dengan rumput. Pengunjung dan mahasiswa bisa duduk santai di atap rumputnya saat matahari sedang bersinar cerah. Konsep ini dibuat agar pengunjung bisa membaca tidak hanya di dalam ruangan namun juga di luar dan bisa menikmati udara segar. Kereeen!

5. Bibliotheca Alexandrina, Alexandria, Mesir
Bibliotheca Alexandrina merupakan inovasi dari Royal Library of Alexandria, di mana menjadi perpustakaan terbesar dan paling berpengaruh di masa itu. Yang keren dari perpustakaan ini adalah bangunannya yang unik dan diselimuti dengan huruf-huruf kuno dari berbagai peradaban. Selain itu, perpustakaan ini juga memiliki 4 museum yang berisi manuskrip dan barang-barang kuno. Di sini juga ada pameran yang rutin digelar dan terbuka untuk umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar